Bupati Banjar Bersama Santri Panen Perdana Ikan Lele

Share it:
Martapura, InfoPublik – Iringan rebana dan syair para santri menyambut kedatangan Bupati Banjar H Khalilurrahman di Pondok Pesantren Darussalam Takhasus, Kelurahan Tanjung Rema, Martapura, Rabu (9/10/2019).
Orang nomor satu di Bumi Barakat tersebut menghadiri kegiatan santri, yakni Panen Ikan Lele melalui teknologi Micro Bubble. Teknologi ini baru pertama kali diterapkan di Ponpes Darussalam Takhasus sebagai unit percontohan di Kabupaten Banjar.
Guru Khalil, sapaan akrab Bupati Banjar, dengan gembira bersama para santri dan pengurus ponpes, memanen ikan lele sebanyak 100 kilogram, hasil jerih payah memelihara selama satu bulan .
Bupati Banjar mengungkapkan budidaya pembesaran ikan dengan teknologi Micro Bubble sangat ramah lingkungan dan dapat dilakukan di pekarangan rumah. Air yang digunakan pun tidaklah banyak. Keuntungannya dapat menekan kebutuhan pakan ikan sampai 50%.
Guru Khalil berharap pengetahuan para santri dalam budi daya ikan dapat meningkat sehingga mereka dapat menjadi Santripreneur yang tangguh.
Dirinya berharap melalui kegiatan ini, akan membuka pola pikir, dan menginspirasi masyarakat sekitar terhadap budi daya ikan.
"Partisipasi aktif para santri akan dapat menyediakan dan memenuhi konsumsi ikan di Kabupaten Banjar yang akan berdampak pada meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat,” katanya.
Hal tersebut disampaikan Bupati Banjar sebagaimana kebijakan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI yang menginginkan pesantren di Indonesia bisa mandiri di sektor perikanan. Sehingga mereka menjadi generasi yang cerdas melalui tercukupinya kebutuhan protein,. (MC Kominfo Kab. Banjar/Ags/Prs/toeb)

Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: