TP PKK Banjar Sosialisasi Lembaga Pembinaan Khusus Anak

Share it:
Martapura, Infopublik - Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) memiliki tujuan agar setiap anak yang bersinggungan dengan hukum tetap memperoleh pendampingan dan pembimbingan oleh pembimbing kemasyarakatan serta pemenuhan hak sebagaimana Undang-Undang tentang Hak Asasi Manusia.
Salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Banjar terkait pembinaan tersebut adalah dengan melaksanakan kegiatan sosialisasi LPKA Ramah anak yang diselenggarakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk, keluarga Berencana, pemberdayaan perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Banjar. Sosialisasi LPKA Ramah Anak ini dilaksanakan di Guest House Sultan Sulaiman Martapura pada hari Rabu (9/10/2019) pagi.
Ketua TP. PKK Kab. Banjar, Hj. Raudatul Wardiah Khalilurrahman menyambut baik dilaksanakannya Sosialisasi Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Ramah Anak. Dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan sosialisasi LPKA Ramah Anak, beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini penting dilaksanakan sebagai upaya perlindungan dan pembinaan kepada anak-anak yang telah melakukan penyimpangan perilaku atau berbuat melanggar hukum.
“Untuk melaksanakan pembinaan dan memberikan perlindungan terhadap anak pelaku tindak pidana, diperlukan adanya dukungan baik yang menyangkut kelembagaan maupun perangkat hukum yang lebih memadai. Oleh sebab itu, diperlukan adanya penyelenggaraan sistem pemidanaan anak secara khusus,” jelasnya.
Dia mengharapkan anak yang menjalani pembinaan di Lapas dapat memperoleh pembinaan dengan lingkungan yang ramah terhadap anak, diantaranya dengan memenuhi hak mereka untuk mendapatkan pendidikan, kesehatan, hak untuk berekspresi dan mendapatkan perlakuan non diskriminasi.
Hal ini mengacu pula pada Pasal 12 Undang-Undang No 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, sehingga meskipun status mereka sebagai narapidana, hak asasi mereka sebagai manusia tetap harus dilindungi. Anak-anak tersebut memerlukan bimbingan, asuhan maupun pembinaan, sehingga saat mereka keluar dan menghadapi masyarakat mereka telah siap bermasyarakat serta bersosialisasi dengan baik di tengah masyarakat.
Dia mengharapkan Melalui kegiatan ini kita lebih peduli terhada perlindungan perempuan dan anak yang ada di Kabupaten Banjar.
Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan Kab. Banjar, Hj. Nency Hilman, Staf Ahli Bupati Bidang kemasyarakatan dan SDM. H. Masruri, para Kepala SKPD Lingkup Kab. Banjar, perwakilan Sekolah, Fasilitas kesehatan, organisasi wanita, BUMN/BUMD serta Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak se- Kabupaten Banjar. (McBanjar/Rqy/Memey)
Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: