Bupati Lombok Apresiasi Program-Program Koperasi Kabupaten Banjar

Share it:
Martapura, InfoPublik – Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid beserta rombongan dalam rangka kunjungan kerja disambut Pemerintah Kabupaten Banjar, Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar HM Hilman mewakili Bupati Banjar H Khalilurrahman di Aula Barakat, Sekretariat Pemerintah Daerah Kabupaten Banjar, Martapura, Kamis (28/11/2019) siang.

H. Fauzan Khalid pada sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas penerimaan silaturahimnya, oleh Pemerintah Kabupaten Banjar, serta menyampaikan tujuan kedatangnnya ke Kabupaten Banjar.

“Saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas penerimaan ini, dan juga saya sampaikan kunjungan kerja ini selain dalam rangka silaturahmi, kita juga ingin menambah wawasan terkait penataan kelembagaan koperasi & UMKM sektor pertambangan,” ungkapnya.

Bupati Lombok Barat itu, juga menyampaikan didampingi Kadis Koperasi dan Kadis Tenaga Kerja, serta beberapa Camat Lombok Barat dan unsur pendukung lainnya, pada studi bandingnya kebeberapa koperasi di Kabupaten Banjar mengapresiasi konsitensi koperasi yang ada di Kabupaten Banjar.

“Dari sisi studi banding tadi kita sudah keliling kebeberapa koperasi di Kabupaten Banjar ditemani Kadis Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Banjar, ada hal yang menarik yang kita temui, kita berdiskusi langsung dengan pelaku koperasi relatif panjang, yakni salah satu membanggakan dari koperasi yang kami kunjungi, dan kami yakin ini tentu juga kontribusi dari Pemkab Banjar, yaitu konsistensi keberlanjutan program-program koperasi dari anggotanya, sehingga koperasi berjalan dengan baik,” ujar Fauzan Khalid.

Ia juga menyampaikan dari menonton video profil Kabupaten Banjar memiliki karakteristik daerah yang mirip dengan Lombok Barat, yakni dari sisi sosial kemasyarakatan pada sisi keagamaannya. Bupati Lombok Barat juga mengundang Pemkab Banjar untuk ke Lombok Barat karena sektor pariwisata yang begitu berkembang di tempatnya guna berbagi wawasan dalam industri pariwisata.

“Kita dapat saling sharing, karena di Lombok Barat (Lobar) kita mengandalkan sektor Pariwisata, kami di Lobar Pendapatan asli daerah (PAD) dari pariwisata mencapai 40 hingga 50 persen, terlebih fokus Pemerintah Pusat, pada salah satu tempat di NTB masuk sektor prioritas pembangunan, sehingga kedepannnya kami juga membuka destinasi-destinasi baru, karena sangat banyak potensi wisata di tempat kita,” jelasnya.

Menutup sambutannya Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid juga menyampaikan salam hormatnya kepada Bupati Banjar H Khalilurrahman.

Sementara itu Sekda Banjar HM Hilman mengatakan suatu kehormatan menerima kunjungan kerja dari Pemerintah Kabupaten Lombok Barat. Selain sebagai studi komparasi untuk mengetahui dan menambah wawasan dan pengetahuan terkait berbagai hal yang diterapkan di Pemerintah Kabupaten Banjar khususnya dalam peningkatan taraf hidup dan perekonomian masyarakat.

“Kita ketahui bersama bahwa keberadaan koperasi saat ini sangat membantu permasalahan dalam bidang pembangunan di daerah terutama untuk masyarakat. Dapat kami informasikan bahwa jumlah Koperasi di Kabupaten Banjar, berjumlah 248 unit, yang aktif 161 unit, sedangkan yang tidak aktif berjumlah 87 unit,” kata Sekda Banjar.

Pemerintah Kabupaten Banjar ikut berperan dalam keberadaan koperasi berdasarkan peraturan Bupati Banjar No 46 Tahun 2016, serta mempermudah izin pendirian koperasi UMKM melalui Kecamatan berdasarkan Peraturan Bupati No. 40 Tahun 2015.  Hilman juga menyampaikan beberapa Inovasi yang kami lakukan melalui Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Banjar yakni salah satunya adalah Smart Koperasi Banjar.

“Inovasi ini bergerak di bidang simpan pinjam yang dapat menata administrasi pembukuan, kemajuan pekerjaan dapat berjalan sesuai aturan yang berlaku sehingga Rencana Anggaran Tahunan (RAT)  dapat dilaksanakan dengan cepat dan tepat waktu,” jelasnya.

Selanjutnya, melalui keputusan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Kalimantan-Selatan tentang Penyetujuan Perpanjangan Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi Komoditas Batuan (batu gunung-quarry besar).

“Kami memiliki satu koperasi yang bergerak di bidang pertambangan yaitu Koperasi Unit Desa (KUD) Barakat Usaha Bersama,” terang Sekda Banjar.

Adapun Sekda Banjar menanggapi terkait pengelolaan industri pariwisata di Lombok Barat, besar harapan Pemerintan Kabupaten Banjar menambah wawasan dalam rangka mengembangkan sektor pariwisata di Kabupaten Banjar, tutup HM Hilman.

Pada acara penyambutan kedatangan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat juga dilakukan serah terima cindera mata oleh Sekda banjar HM Hilman dan Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid. (MC Kominfo Kab. Banjar/MC Crew)
Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: