Kabupaten Banjar Siap Munculkan Inovasi Daerah

Share it:

Martapura,InfoPublik – Bappeda Litbang Kabupaten Banjar melaksanakan kegiatan Ekspose Akhir Penyusunan Roadmap Inovasi Daerah Kabupaten Banjar di Aula Beiman Bappeda Litbang Banjar, Martapura, Kamis (28/11/2019).

Kegiatan tersebut diharapkan menjadi pemicu semangat Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar memunculkan gagasan segar, inovasi yang kreatif menyokong upaya memajukan pelayanan publik.

Sekretaris Bappeda Litbang Banjar, Jurji Zaidan mengatakan, pihaknya melibatkan dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) untuk menyusun Roadmap sehingga jelas arah pembangunan ke depannya.

“Setidaknya, Kabupaten Banjar memiliki 120 inovasi diciutkan jadi 20 inovasi dan baru tiga terpilih untuk ditingkatkan ke perlombaan Nasional semoga bisa menjadi penambah semangat memajukan daerah ini,” ujar Jurji Zaidan

Dia mengatakan, tahapan saat ini adalah display, hasil dari kreasi dan inovasi dinas, kecamatan, kelurahan hingga puskesmas. Inovasi-inovasi yang berjalan ada yang baru juga, namun semua bisa berjalan dengan baik. Inovasi untuk mempermudah pelayanan publik harus terus dikembangkan.

Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Banjar, Siti Mahmudah mengatakan bahwa inovasi sebagai suatu kebutuhan apalagi saat ini memasuki tantangan kemajuan teknologi.

Pemkab Banjar tentu menganggap perlu inovasi-inovasi ini yang sudah diaplikasikan kurang lebih 20 perangkat daerah, puluhan kecamatan, kelurahan juga puskesmas (total 120 inovasi) diantaranya Si Dewi Banjar, Pakasam Rantau, Lapat Pak RT dan sebagainya.

Ke depan lanjut dia, Kabupaten Banjar akan memberikan awards kepada institusi yang terbaik dalam berinovasi, yang berdampak positif dalam perbaikan pelayanan publik.

“Kami berharap keberadaan inovasi dapat bermanfaat baik bagi pemerintah daerah, dan juga perbaikan kesejahteraan masyarakat seluruhnya,” ucap Mahmudah.

Sementara perwakilan Lembaga Administrasi Negara (LAN), Marsono menambahkan, display ratusan inovasi bisa menimbulkan gairah dan antusias bagi lembaga lain lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar untuk mengembangkan kreativitas.

Selain itu, memunculkan gagasan baru sehingga bisa secara signifikan mendukung upaya mewujudkan Kabupaten Banjar yang sejahtera dan barokah sebagaimana visi dan misi Bupati Banjar, Khalilurrahman dan Wakil Bupati Banjar, Saidi Mansyur.

“Sudah disaksikan display hasil kerja seluruh dinas, badan, kecamatan, kelurahan dan puskesmas. Tidak kalah hebatnya. Kita harus bangga. Bahkan bisa dijadikan buku. Kredit poin bagi daerah ini. Berisi perubahan ke arah yang lebih baik. Dokumentasi jadi buku Inovasi. Ada proses yang berlanjut. Ini hasil dua tahun. Selanjutnya menggali gagasan baru melanjutkan gagasan sebelumnya,” ujar Marsono. (MC Kominfo Kab. Banjar/Ags)

Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: