Belasan Burung Dara Dilepas Di Astambul

Share it:
Martapura, InfoPublik - Belasan ekor burung Dara dilepas di Desa Tambangan Kecamatan Astambul, Minggu, (15/12/2019).

Pelepasan burung Dara yg dikalungi foto masing-masing calon dengan tali sasirangan tersebut dilakukan oleh para calon anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Tambangan, Kecamatan Astambul sebelum pelaksanaan pemungutan suara pemilihan anggota BPD setempat.

"Hari ini Kecamatan Astambul mulai melaksanakan pemilihan BPD, diawali di Desa Tambangan dan akan diikuti oleh desa-desa lainnya, " jelas Camat Astambul,  H Sirajuddin Ali,  yang turut memantau pelaksanaan pemilihan BPD tersebut.

Sirajuddin berharap, proses demokrasi yang dilaksanakan berjalan lancar sehingga dapat menetapkan anggota BPD di 22 desa di kecamatan yang dipimpinnya.

Pemilihan anggota BPD Tambangan diikuti oleh 11 calon. Mereka mewakili wilayah 1 dan 2 setempat serta ada juga keterwakilan perempuan.

Sementara Pejabat Kepala Desa Tambangan, Sarno, S.Pd menjelaskan,  pihaknya sengaja mengemas  pemilihan anggota BPD Tambangan dengan nuansa  lokal kedaerahan.

Ini terlihat dari pakaian panitia pemungutan suara yang menggunakan pakaian adat lengkap dengan laungnya. Sedangkan para calon anggota BPD menggunakan pakaian sasirangan. Selain itu pernak-pernik adat Banjar juga terlihat di backdrop acara, serta taplak meja.

"Pelepasan burung yang dikalungi foto  para calon anggota BPD filosofinya sebagai bentuk kebebasan memilih dan dipilih," jelasnya.

Sedangkan penyerahan kue dan panganan serta buah-buahan khas Banjar oleh para calon kepada para pemilih filosofinya bahwa mereka siap melayani masyarakat jika terpilih nantinya.

Pelaksanaan pemungutan suara anggota BPD Desa Tambangan, juga disaksikan oleh Kapolsek Astambul, AKP Samsu Darsono, perwakilan Koramil serta Bagian Tata Pemerintahan Pemkab Banjar, Kasi Pemerintahan Astambul,  H. Nazarudin serta aparatur Kecamatan Astambul. (MC Kominfo Kab. Banjar/Dani)
Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: