Bupati Banjar Tinjau langsung Pembangunan Jalan Poros Desa Penggalaman Akses Menuju Bandara

Share it:
Martapura,InfoPublik – Pemerintah Kabupaten Banjar inginkan jalan poros desa Penggalaman lebih baik lagi, guna memberikan fasilitas kepada masyarakat untuk mengangkat prekonomian warga yang berbasis petani dan juga sebagai akses menuju Bandara Syamsudin Noor.

Hal tersebut disampaikan Bupati Banjar, H. Khalilurrahman saat melaksanakan kunjungan kerja terkait peninjauan jalan poros desa yang berada di desa Penggalaman Kecamatan Martapura Barat, Rabu (29/1/2020).

Pada kunjungan kerjanya Bupati Banjar didampingi langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banjar, H. M Hilman, Kepala Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar, H. M Aidil Basith, perwakilan Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar, Camat Martapura Barat serta kepala desa Penggalaman. Bersama-sama melakukan peninjauan jalan dan jembatan.

Pada kesempatan tersebut Bupati Banjar, H. Khalilurrahman mengatakan dengan peninjauan jalan desa yang lebih dekat ini, ternyata desa Penggalaman ini sudah diberi krikil, tinggal lagi pengerasan sedikit lalu nanti akan diaspal.

“Jalan ini akses bisa tembus ke Lapangan Golf dan Bandara Syamsudin Noor, untuk akses selanjutnya tanah ini masih lembut maka nanti akan lebih dikeraskan lagi tanahnya,” jelasnya.

Selanjutnya, Bupati Banjar H. Khalilurrahman juga akan membangunkan jembatan jika jalan poros desa tersebut sudah jadi, dikarenakan warga sangat menginginkan dilihat dari kondisi jembatan yang kurang layak menjadi perhatian Bupati Banjar ke depan karena sudah satu paket dengan perbaikan jalan.

Sementara itu Sekda Banjar, H. M Hilman menjelaskan terkait peninjauan jalan tersebut, nanti akan dilihat lebih lagi kondisi jalan apakah tanahnya masih lembek, jika sudah tidak lembek lagi maka akan segera diaspal.

“Insya allah nanti akan dilebarkan lagi jalannya, dilihat sudah ada tumpukan batu disampingnya, mungkin karena ada tumbuhan-tumbuhan yang tumbuh maka terlihat lebih sempit, untuk jalan sendiri lebar sudah empat setengah sampai lima meter.

Dia juga mengatakan akses jalan tersebut ada dua akses yang pertama sampai ke Cindaialus dan yang ke dua jalan ke Lapangan Golf tembus ke Bandara Syamsudin Noor. Jadi jika masyarakat yang hendak ke Bandara akan lebih dekat sekitar 2,5 kilo.

“Untuk pembangunan dilakukan secara bertahap, pengerjaan mulai dari 2018 sudah dilakukan pengerasan sampai 2019, mudah-mudahan dengan harapan dengan kondisi yang memungkinkan karena ini menghubungkan akses dari jalan Martapura Lama kalo diputar terlalu jauh dan bisa memperpendek jarak,” papar Sekda Banjar H.M Hilman

Hilman juga menginginkan rencana ke depan akan mengharmonisasikan dari pemerintah Provinsi dari jembatan Sungai Kitanu akan tembuskan juga sampai ke akses Bandara jadi akan dipotong di mana titiknya nanti dan akan dibangun rest jalannya. Pemerintah provinsi juga sudah melakukan pembebasan lahan dari Sungai Kitanu sampai ke Kelampaian untuk jalan fisik sudah ada dan itu nanti akan diteruskan ke bandara yang merupakan jalan alternatif bagi wisatawan yang menuju kelampaian dan tidak akan melewati jalan A.Yani lagi.

“Untuk dana sendiri yang sudah digelontorkan untuk pengerasan sekitar Rp 2,1 Miliyar dana dari APBD, karena statusnya jalan poros desa,” tutupnya. (MC Kominfo Kab. Banjar/Ags/Man)
Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: