Pemkab Banjar Gelar Kontes Durian 2020

Share it:

Martapura, InfoPublik - Gema shalawat menyambut kedatangan Bupati Banjar Khalilurrahman di Desa Mandikapau Barat, Kecamatan Karangintan, Kabupaten Banjar, tempat berlangsungnya Kontes Durian, Gelar Olahan Berbahan Durian dan Gelar Buah Eksotik Banjar 2020, Rabu (08/01/2020).

Bupati langsung meninjau peserta kontes sembari mencicipi durian. H Khalilurrahman mengatakan, Kontes Durian ini tidak mustahil akan digelar di tingkat nasional. Disebutnya durian-durian yang ada di Kontes Durian Mandikapau Barat merupakan durian milenial.

Dia juga mengharapkan dengan digelarnya Festival Durian ini, selain mencari varietas lokal durian untuk diusulkan menjadi varietas unggulan nasional. Juga untuk memotivasi masyarakat petani yang berada di daerah sentra produksi buah-buahan.

“Melalui acara Festival Durian inilah akan dapat mengembangkan usaha ekonomi serta dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan warga masyarakat Kabupaten Banjar,” katanya.

Bupati Banjar Khalilurrahman mengatakan, Kabupaten Banjar merupakan penghasil durian terbesar di Kalimantan Selatan. Merupakan kebanggaan tersendiri beberapa varietas durian lokal di daerah ini, sudah dilepas dan diakui sebagai varietas unggul nasional seperti Si Jagung, Si Hijau dan Si Dodol.

“Kami juga sudah mendaftarkan 10 varietas komoditi durian ke Pusat Perlindungan Varietas dan Perizinan Pertanian Kementrian Pertanian RI untuk diproses sebagai varietas unggul nasional yaitu: Bamban Birin, Dodol Mascinta, Gading Abirau, Idangan Biih, Hintalu, Panyangat Kuning, Kuning Janar, Gantang 88, Si Kolam dan Si Penganten,” ujarnya.

Direktur Buah dan Florikultura Kementrian Pertanian RI Liferdi Lukman mengatakan, dari pusat sangat memberikan apresiasi yang tinggi terhadap penyelenggaraan festival ini, berbagai buah dan tanaman di sini merupakan asli Indonesia dan Kalimantan terutama di Banjar.

“Saya mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Banjar sudah melaksanakan festival durian ini yang merupakan tahun keempat dilaksanakannya kontes, durian ini merupakan asli makanan Indonesia, durian memiliki protein tinggi apabila makan durian menambah semangat karena itu pesan kami dari sekian banyak keunggulan kita duren ini nanti kalau sudah terpilih,” ucapnya.

Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan yang diwakilkan oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Perekonomian dan Pembangunan Faried Fakhmansyah dalam sambutannya mengatakan, akan memanfaatkan peluang untuk aneka macam olahan dari daerah akan lebih baik.

“Berbagai kandungan kebaikan dari buah lokal Kalimantan Selatan dengan lebih mencintai buah-buahan dari daerah kita untuk melestarikannya, mempertahankan budaya lokal yang kita lihat saat ini masih bisa dilihat oleh anak cucu kita di masa yang akan datang,” tuturnya.

Mengingat potensi yang besar tersebut, Khalilurrahman selalu menyampaikan kepada Jajaran Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, serta seluruh masyarakat khususnya para petani di daerah sentra produksi buah-buahan, untuk terus mengembangkan komoditas tersebut sesuai potensi buah-buahan setempat termasuk melakukan pemeliharaan tanaman dan kebun secara intensif.

Adapun Pemenang dari Kontes Durian ini diraih oleh Eldi Afani dari Desa Mandikapau Barat dengan nama durian Si Duri Hitam. Selanjutnya Muhammad Fauzan dari Desa Mandikapau Barat dengan Si Satria sebagai juara II dan Sarpani dari Desa Mandikapau Barat dengan durian Si Belek, pemenang dari Kontes Durian ini akan diberikan hadiah berupa uang pembinaan, plakat, sertifikat dan didaftarkan ke Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian sebagai Varietas Unggul. Disamping itu juga diberikan hadiah tambahan dari berbagai sponsor.  (MC Kab. Banjar/Rzq/Rfh)

Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: