Kabupaten Banjar Siapkan Karantina Kesehatan Untuk Orang Dalam Pemantauan

Share it:
Martapura, InfoPublik – Sebelas hari pasca diterapkanya pertanggal status Tanggap Darurat non bencana alam oleh Gugus Tugas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Banjar, Tim terus berupaya maksimal menangani dan menangkal penularan virus Covid-19 tersebut. Rabu, (1/4/2020). 

Dalam konfrensi pers di Command Center Barokah Ketua gugus tugas HM Hilman, didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kab. Banjar dr. Diauddin  dan Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kab. Banjar Aidil Basith. 

Menyatakan sesuai hasil rapat Forkominda Banjar langkah terkini yang akan diberlakukan, yakni karantina kesehatan untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP). karantina kesehatan tersebut dipilah dua opsi yakni, karantina mandiri (di rumah) dan karantina di tempat tertentu (terpusat), dan untuk karantina terpusat, tempat yang telah diputuskan bersama untuk menjadi tempat karantina adalah Guest House Sultan Sulaiman dan Balai Diklat BKD Banjar. 

Dikatakannya, ada kriteria tertentu ODP yang akan dikarantina, termasuk siapa yang mesti dikarantina di tempat terpusat. 

“Kriteria tersebut antara lain untuk yang kurang disiplin mentaati himbauan pemerintah seperti masih kerap beraktifitas diluar rumah dan untuk ODP yang dari sisi ekonomi tidak mampu melakukan karantina mandiri, maka pemerintah akan memfasilitasi dikarantina terpusat tersebut," 

Pihaknya berharap semua ODP benar-benar menaati semua imbauan pemerintah agar Banjar  terhindar dari penularan virus corona sehingga cukup melakukan karantina mandiri di rumah masingmasing. 

"Sebenarnya kami berharap ODP bisa melakukan karantina mandiri. Tapi kalau dilihat dari hasil pemantauan selama ini, sepertinya besok ada yang dibawa ke karantina di tempat yang telah kami siapkan,"dan orang yang dikarantina menjadi tanggungjawab pemerintah untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.” jelas Hilman. 

Pada kesempatan tersebut disampaikan data update pada hari Rabu (4/1/2020) pada jam 14.00 wita. Jumlah ODP sebanyak 128 orang, PDP sebanyak 0 orang dan Kasus Terkonfirmasi (positif) sebanyak 3 orang. 

Sementara itu dr. Diauddin selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar mengimbau kepada masyarakat agas selalu menjaga stamina, menjaga kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat serta mengurangi aktifitas diluar rumah, karena hal tersebut dapat mengurangi penyebaran atau penularan Covid-19. (MC Kominfo Kab Banjar/Ags) 


Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: