Pemkab Banjar Siapkan Desa Tanggap Covid-19

Share it:

Martapura, InfoPublik – Upaya pencegahan dan pengendalian Corona Virus terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan melalui Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease (Covid-19), yang dalam waktu dekat ini akan mengoptimalkan Desa Tanggap Covid-19.
Hal tersebut disampaikan Sekda Banjar H. M. Hilman sebagai Ketua Satgas Covid-19 Banjar didampingi Kepala Dinas Kesehatan dr Diaduddin dan Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar H.M. Aidil Basith, saat teleconference bersama Jurnalis Banjar, di Command Center Barokah, Pendopo Bupati Banjar, Martapura, Minggu (5/4/2020).
Ketua Satgas Covid-19 Banjar mengungkapkan, pembentukan Desa Tanggap Covid bertugas menyosialisasikan imbauan pemerintah dan mendata warga yang datang dari luar daerah, mengaktifkan Siskamling. Nantinya tamu dari luar dalam 1 x 24 wajib melapor dengan harapan desa desa bebas Covid-19.
“Ada berapa desa yang sudah dibentuk, dan kita berharap semua desa dapat membentuk desa tanggap Covid. Ke depannya apakah seluruh desa akan dibentuk, untuk mencegah penyebaran virus corona ini. Desa Tanggap Covid ini diberlakukan sesuai zona apakah itu merah, oranye, ataupun hijau,” jelas dia.
Hilman berharap, peran Desa Tanggap Covid dapat benar-benar dioptimalkan, seperti peran camat agar bekerja sama dengan para lurah, kepala desa untuk menyiapkan protokol dari desa hingga lingkup RT.
“Apabila ini (red. Desa Tanggap Covid) berjalan, dalam dua minggu ke depan kita dapat mengurangi penyebaran virus ini, dengan harapan masyarakat dapat mengontrol, disiplin sosial dan menerapkan physical distancing. InsyaAllah menjelang Ramadan kita dapat berjalan dengan semestinya,” ungkap dia.
Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan dr Diaduddin mengatakan, penambahan ODP menjadi 128 karena ada indikasi kontak erat dari satu PDP di Kabupaten Banjar, dan yang selesai pemantauan 34 orang. “Alhamdulillah melalui informasi terkini yang saya dapat, bahwa PDP ini dari uji swab hasilnya negatif dan segera akan dipulangkan,” ucap dia.
Sekretaris Gugus Tugas Covid-19 Banjar sekaligus juru bicara juga menjelaskan bahwa, Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Banjarbaru dapat melakukan pengujian. “BTKL Banjarbaru dapat melaksanakan test swab sehingga ini mempercepat proses, tidak lagi mengirim ke Surabaya maupun Jakarta,” terang dia.
Dandim 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto menyampaikan agar masyarakat tidak panik, apalagi sampai ketakutan. Tetap waspada serta mematuhi imbauan dari pemerintah.
“Kita meminta peran serta awak media, perangkat desa/kecamatan, tokoh masyarakat agar menjelaskan dan menyosialisakan imbauan-imbauan pemerintah terkait Covid-19, agar semua upaya pencegahan penularan Covid-19 dapat berjalan optimal," tegas dia.
Siswo berharap masyarakat dapat bersatu. “Satu hati, satu perbuatan, satu kata, kita bisa,” tambah dia. (MC Kominfo Kab. Banjar/Prs)
Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: