Pentingnya Kesehatan Mental Hadapi Pandemi Covid-19

Share it:

Martapura, InfoPublik - Pandemi Covid -19 yang melanda saat ini tidak hanya berimbas pada sektor ekonomi saja, tetapi juga pada kesehatan mental masyarakat.

Menyikapi hal tersebut, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Zalecha Martapura bekerjasama dengan LPPL Radio Suara Banjar, memberikan sosialisasi melalui talkshow dengan tema ” Mempersiapkan Kesehatan Mental Menghadapi Era New Normal”,  dengan menghadirkan narasumber dr Winda Oktari Anriyani, Sp. Kj pada Rabu (24/06/20) siang.

Radio talk show di 100,4 Fm yang dipandu host Pepen dan Ronny tersebut membahas tentang bagaimana kita bersikap dan mempersiapkan mental ketika era New Normal.

Menurut dr Winda, poin penting adalah menumbuhkan rasa positif dalam diri kita agar terhindar dari kecemasan yang berlebihan.

“Saat ini tak dipungkiri banyak masyarakat yang mengalami kecemasan berlebihan akibat Pandemi Covid -19, bahkan jumlah kunjungan konsultasi terkait hal ini meningkat saat pandemi dari sebelumnya, mereka rata-rata berusia produktif,” jelas dr Winda.

“Bagaimanapun kita juga harus bisa mengontrol emosi menjadi sangat penting, karena otak kitalah yang memerintahkan apa yang kita kerjakan, bila otak hanya merespon hal yang positif maka  akan membuat mental kita lebih baik,” tambah dokter cantik ini.

Menurutnya saat ini kita juga bisa memilah informasi terkait Covid-19 agar bisa membuat mental kita lebih kuat dan terhindar dari kecemasan berlebihan. Misalnya, lebih banyak mencari informasi positif saja terkait perkembangan Covid-19, yakni berapa jumlah pasien sembuh, dan informasi baik lainnya.

dr. Winda juga berpesan agar kita lebih bijak dalam menyikapi berbagai informasi yang beredar, dan tetap menerapkan standar protokol kesehatan Covid-19 dan menjaga kebersihan agar terhindar dari Covid-19. (MC. Kominfo Banjarkab/ronny/agusoke/Mey)

Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: