Bank Sampah Sekumpul Luncurkan Program Tukar Sampah dengan Sembako

Share it:


Martapura, InfoPublik – Bertepatan dengan World Clean Up Day atau Hari Babarasih Sampah Se-Dunia yang jatuh tepat pada 19 September 2020, Bank Sampah Sekumpul luncurkan program “Gerakan Pilah Sampah dari Rumah”.

Gerakan tersebut sekaligus tukar sampah dengan sembako melalui koperasi Sirqoh Muawwanah di Jalan Pendidikan, Gang Berkat Tawakal, Kelurahan Sekumpul Martapura Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Sabtu (19/9/2020) pagi.

Peresmian Koperasi Sirqoh Muawwanah Bank Sampah Sekumpul tersebut ditandai dengan pemotongan pita oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar, Boyke Wahyu Tristiyanto, didampingi Syamsu dari PT PLN Wilayah Kalselteng.

Dalam keterangannya Lurah Sekumpul Gusti Marhusin mengatakan, sudah menjadi kewajiban bersama untuk peduli pada lingkungan sekitar terutama limbah sampah. Ke depan pihaknya akan terus mengedukasi masyarakat terkait betapa pentingnya kebersihan dan kesehatan dan mengajak masyarakatnya untuk bisa memilah sampah bernilai ekonomi.

”Target kami kedepannya seluruh warga disini bisa menjadi bagian dari Bank Sampah dan untuk Januari tahun depan Insya Allah truk angkutan sampah tidak akan masuk lagi di Kelurahan Sekumpul,” kata dia.

Sementara itu, Direktur Bank Sampah Sekumpul Dewi Heldayati mengatakan, dengan peluncuran program ini, ke depan masyarakat bisa semakin menyadari dampak negatif apabila sampah tidak dikelola dengan baik. Pihaknya membuka kesempatan kepada warga untuk bisa menabung sampah dengan saldo yang bisa ditukar dengan sembako yang ada di koperasi.

”Program yang kami tawarkan ke masyarakat ini diharap dapat menarik minat warga sekitar, untuk bisa menjadi bagian dari program yang kami jalankan,” ucap dia.

Ia menambahkan menurut data yang ada di Bank Sampah tersebut, sejauh ini sudah ada separoh atau 2.500 kepala keluarga yang menjadi nasabahnya, seiring berjalan waktu pihak bank optimis akan bisa menjadikan semua keluarga di Sekumpul untuk menjadi nasabahnya.     

Pada acara tersebut juga dilakukan penyerahan sampah secara simbolis oleh Kepala DLH Banjar kepada Direktur Bank Sampah Sekumpul, serta penandatanganan MoU kerja sama antara Lurah Sekumpul dengan Direktur Bank Sampah Sekumpul.  (MC Kab.Banjar/Fuad/Man/Mey)

Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: