LPTQ Banjar Resmi Membuka Kegiatan Peningkatan Kapasitas Kader Semua Cabang Lomba MTQ

Share it:


Martapura,InfoPublik – Guna meningkatkan kapasitas kader pada semua cabang lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ).

Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Banjar mengelar pembinaan terhadap kadernya, di gedung Islamic Center KH Anang Djazuli Seman Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan,  Sabtu (19/9/2020) pagi.

Pembinaan peningkatan kapasitas kader ini dibuka resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar HM Hilman dan dihadiri oleh Ketua LPTQ Kabupaten Banjar H Masruri, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Banjar Najwan Noor, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kabupaten Banjar Ikhwansyah serta puluhan kader dan pembimbing.

Sekda Banjar HM Hilman mengatakan bahwa MTQ merupakan salah satu bentuk upaya untuk terus mewujudkan rasa kecintaan kita terhadap Al Qur’an dan mengukuhkan Al Qur’an sebagai pedoman kita dalam menjalani kehidupan.

“Semakin kita menghayati Al Qur’an maka akan semakin terasa kedamaian dan kesejukannya”ujarnya.

Adanya pelatihan ini Sekda Banjar berharap agar peserta bisa memanfaatkan dan mengikutinya dengan sebaik-baiknya, guna peningkatan kemampuan yang dimiliki.

“Latih dan asahlah keterampilan anda semua, baik dalam hal tilawah, tahfidz, qiraat, Syarhil Qur’an, Fahmil Quran, Tafsir Alquran berbahasa Indonesia, Arab dan Inggris serta kemahiran dalam menulis khaththil Qur’an atau Kaligrafi,”harap dia.

Sementara itu, Ketua LPTQ Kabupaten Banjar H Masruri menyampaikan untuk saat ini ada beberapa cabang lomba MTQ yang tidak bisa diikuti oleh kafilah Kabupaten Banjar, dikarenakan masih kurangnya atau keterbatasan sumber daya manusia (SDM) yang mengisi cabang tersebut. Namun dikatakan bahwa untuk tahun depan akan diupayakan agar bisa terisi.

”Kita berharap pada MTQ akan datang kita akan bisa menjadi juara umum, sementara pada tahun kemarin di kabupaten Kotabaru, kita hanya berada pada peringkat II,“kata dia.

Pelatihan yang diikuti oleh puluhan kader tersebut rencananya akan berlangsung selama dua bulan ke depan, dengan mengambil dua lokasi, masing-masing di gedung Islamic Center dan Kantor Kemenag Banjar. (MC Kab.Banjar/Rony/Man)

Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: