Dapur Jurnalis Banjarbaru Gelar Workshop Jurnalis Camp 2020 di Hutan Pinus

Share it:


Banjarbaru, InfoPublik – Diikuti 20 peserta dari kalangan pelajar dan mahasiswa, Workshop Jurnalis Camp 2020 resmi dibuka oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjarbaru Iwan Hermawan di Hutan Pinus Banjarbaru.

Workshop Jurnalis Camp 2020, pada Jumat (9/10/2020) tersebut berlangsung selama tiga hari, baik siang maupun malam di alam terbuka, dengan menyediakan lokasi hutan pinus sebagai peserta untuk mendirikan kemahnya.

Kabid Informasi Komunikasi Publik Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar Eddy Elminsyah Jaya selaku narasumber mengatakan, seorang jurnalis bekerja untuk memberikan informasi, edukasi dan hiburan.

Dan mampu memberikan pencerahan kepada masyarakat ketika berada dalam kegelapan. Selain itu juga berfungsi untuk menegakkan nilai-nilai demokrasi dan realisme.

Ia menambahkan jurnalis harus bisa menyuarakan suara dari orang yang tidak bisa bersuara, dalam hal ini bukan berarti orang dimaksud berarti bisu, akan tetapi berkemungkinan dalam segi edukasi, pemahaman, ekonomi atau kemampuannya tidak bisa menyuarakannya.

“Harapannya pers ini lah yang bisa menyuarakan suara mereka, di antaranya kepentingan umum, berimbang, verifikasi, check and balance, fakta atau tidak opini, dilarang bohong, fitnah, cabul dan sadis yang sangat bertentangan dengan kode etik jurnalis,” harap dia.

Ketua Dapur Jurnalis Banjarbaru Sayyid Maulana Akhmad mengatakan, digelarnya pelatihan jurnalis tersebut disebabkan perkembangan dan penggunaan media online saat ini sudah mencapai 96%.

“Ini menjadi target kita untuk mengembangkan bisnis media online, yang memiliki ketahanan kedepannya,” ujar dia.

Sayyid melanjutkan, untuk  para peserta pelatihan  ini juga dibentuk sebuah wadah atau komunitas Dapur Jurnalis Banjarbaru yang berfungsi untuk meng-update guna menyampaikan informasi  positif kepada masyarakat.

“Selain itu juga memberikan pemahaman terkait penggunaan media sosial yang baik dan benar,” katanya.

Pada kegiatan pelatihan jurnalis ini ditandai dengan pemasangan  ID Card kepada perwakilan peserta oleh Kepala Diskominfo Banjarbaru Iwan Hermawan dan Penasehat Dapur Jurnalis Banjarbaru Akhmad Yani Makki. (MC Kab.Banjar/Rzq/Ron/mey)

Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: