Tiga Lembaga Adat Desa di Kabupaten Banjar Menerima Hibah Alat Adat dan Kebudayaan

Share it:


Martapura, InfoPublik - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalsel memberikan hibah peralatan adat dan kebudayaan tahun 2020 kepada tiga Lembaga Adat Desa, yang terdapat di Kabupaten Banjar.

Tiga lembaga yang dimaksud di antaranya Lembaga Adat Desa Paau Kecamatan Aranio, Lembaga Adat Desa Aryan Kecamatan Aranio dan Lembaga Adat Desa Paramasan Bawah Kecamatan Paramasan. Yang mendapatkan berupa hibah pakaian adat, alat musik kesenian tradisional dan perlengkapan kebudayaan lainnya.

Kegiatan yang difasilitasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Banjar tersebut dilaksanakan di Mahligai Sultan Adam, Martapura, Rabu (30/12/2020).

Dihadiri Bupati Banjar H Khalilurrahman yang menyerahkan secara simbolis peralatan adat dan kebudayaan kepada tiga perwakilan lembaga adat dengan disaksikan Kepala Dinas PMD Kalsel Zulkifli.

Dalam keterangannya Bupati Banjar H Khalilurrahman sangat mengapresiasi atas dilaksanakannya pemberian hibah tersebut dan mengimbau untuk bersama sama menjaga dan melestarikan keanekaragaman adat dan budaya kita.

"Keragaman adat dan budaya ini bisa menjadi kekuatan dan kekayaan bagi bangsa Indonesia yang tidak dimiliki bangsa lain, mari kita jaga dan lestarikan bersama sebagai wujud perasaan syukur kita kepada Allah SWT atas anugerah kekayaan adat dan budaya yang luhur,"pesan dia.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Provinsi Kalsel Zulkifli berharap dengan hibah peralatan adat dan kebudayaan ini bisa dimanfaatkan lembaga adat desa khususnya dalam berbagai kegiatan Kesenian, ritual keagamaan dan kebudayaan kedepannya.

"Hibah ini sebenarnya merupakan upaya pemerintah guna memberikan dorongan atau stimulus bagi masyarakat untuk meningkatkan partisipasi mereka dalam memajukan pembangunan melalui kegiatan seni dan kebudayaan.

"Semoga dapat dimanfaatkan dengan baik kedepannya," kata dia. (MC Kominfo Kab. Banjar/Fuad/Prs)

Share it:

banjarkab

Post A Comment:

0 comments: