Jakarta - Visi ekonomi Indonesia 2020 ialah menjadi “The Digital Energy of Asia” dengan target pertumbuhan transaksi e-Commerce sebesar USD 130 Miliar. Dalam mengejar visi ini, kita
menghadapi dua tantangan utama yang harus diselesaikan secara seimbang
dan serentak yaitu globalisasi dan sistem ekonomi yang adil dan
produktif, yang berpihak pada rakyat serta terjaminnya sistem insentif
ekonomi yang adil dan mandiri.
Dalam
mendukung visi bersama, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian
Komunikasi dan Informatika, pemerintah daerah dan pelaku bisnis e-Commerce
antara lain: BLANJA.com, MatahariMall.com, Lazada, Shopee, Blibli,
Tokopedia dan Bukalapak bersama – sama melakukan Gerakan Nasional
digitalisasi UMKM untuk mendorong kekuatan ekonomi nasional yang
berbasis UMKM. Gerakan Nasional ini juga didukung oleh 2 program
pemerintah yaitu 8 juta UMKM dan Ekonomi Kerakyatan.
UMKM
dipilih sebagai representasi ekonomi rakyat dikarenakan dapat menyerap
tenaga kerja ± 90 % serta memberikan kontribusi sebesar 58% pada Produk
Domestik Bruto Nasional. Terlebih lagi dari hasil survey UMKM yang telah
online, dapat disimpulkan bahwa berjualan online dapat meningkatkan
pendapatan UMKM hingga 26% dan meningkatkan penyerapan tenaga kerja yang
berimbas pada peningkatan ekonomi nasional secara berkala dan bertahap.
Roadshow
hari ini merupakan roadshow pembuka dari Gerakan UMKM Go Online.
Roadshow dilaksanakan serentak di 13 kota yaitu: Medan, Jambi,
Palembang, Bekasi, Bogor, Balikpapan, Denpasar, Semarang, Tangerang
Selatan, Bandung Barat, Purwakarta, Sidoarjo dan Surabaya. Peresmian
oleh semua stakeholders Gerakan Nasional UMKM Go Online akan diadakan
pada tanggal 15 November di Jakarta.
Diharapkan
Gerakan Nasional ini dapat menjadi Gerakan yang berkesinambungan dan
mencapai visi kita bersama yaitu menjadikan Indonesia sebagai “Digital
Energy of Asia” pada 2020. (Kementerian Kominfo RI/Kominfo Kab, Banjar)
Post A Comment:
0 comments: